Beranda > berita > Gorillaz

Gorillaz

Album Ketiga, Plastic Beach

GORILLAZ belum habis! Itulah yang ingin dibuktikan band animasi 2D tersebut. Mereka akan menyapa kembali para penggemarnya lewat album terbaru yang berjudul Plastic Beach. Album itu bakal menjadi pembuktian eksistensi Gorillaz setelah cukup lama vakum.

Gorillaz kali terakhir menggebrak pada 2005 dengan album kedua berjudul Demon Days. Saat itu, mereka mampu merebut perhatian pencinta musik dunia. Musik bergenre rock alternatif dengan balutan instrumen elektrik yang catchy dan asyik membuat Gorillaz sangat dikenal.

Beberapa single band dengan personel 2D (vokal, keyboardist) Murdoc Niccals (bas) Noodles (gitar), dan Russel (drum dan perkusi) itu meraup sukses besar. Lagu-lagu, seperti Feel Good Inc., Dare, dan Dirty Harry, merajai tangga lagu. Beberapa penghargaan platinum berhasil mereka raih.

Kini, Gorillaz ingin mengulang sukses itu lewat Plastic Beach. Nama album ini diakui Damon Albarn, frontman Gorillaz sekaligus pengisi suara 2D, terinspirasi pantai di sebelah rumahnya. Ketika itu, dia membersihkan plastik yang berserakan di pantai itu.

“Itu (pantai, Red) menjadi tempat yang bagus untuk mendapatkan berbagai ide menarik bagi album Gorillaz. Plastik punya sifat yang menarik. Dia melawan alam, padahal tercipta dari alam. Hal itu membuatku berpikir untuk membebaskan kreativitasku dalam bermusik,” paparnya.

Albarn mulai menggarap album pada Juni 2008. Saat itu, dia merasakan bosan dengan karakter Gorillaz. Karena itu, dia melakukan beberapa perombakan khusus terhadap karakter Gorillaz agar terlihat lebih fresh.

“Ada kalanya kita harus memiliki sudut pandang baru terhadap karakter itu. Aku pun memutuskan untuk memberi penampilan baru. Karakter mereka tetap sama. Hanya saja sedikit lebih tua dan dewasa sesuai dengan perkembangan Gorillaz,” ungkap Albarn.

Sisi dewasa Gorillaz bisa kita dengarkan lewat materi-materi baru yang lebih easy listening. Gorillaz lebih sering bermain dengan musik pop ringan. Albarn juga menambahkan instrumen elektrik pada beberapa lagu. Hasilnya, materi Plastic Beach lebih mengentak. Di album itu, Gorillaz ber­ko­laborasi dengan Snoop Dogg, Ka­no, dan Bobby Womack. (nay/bs/kkn

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: