Beranda > berita, teknologi > Mobile Data Bakal Jadi Raja

Mobile Data Bakal Jadi Raja

Pada tahun 2014 mendatang, lalu-lintas internet diperkirakan akan dikuasai oleh data-data yang datang dari perangkat bergerak (mobile) pribadi macam ponsel, smartphone, iPad, notebook, dan sejenisnya. Demikian laporan riset terbaru yang dikeluarkan Cisco Visual Networking Index (VNI).

Data yang dirilis VNI cukup menarik. Dikatakan bahwa lalu-lintas data dari perangkat mobile di dunia ini akan mencapai 3,6 exabyte per bulannya, atau sekitar 40 exabyte per tahun pada 2014. Konsumsi bandwidth sebesar ini setara dengan peningkatan 39 kali lipat penggunaan bandwidth dari tahun 2009 sampai 2014.
Salah satu pemicu peningkatan bandwidth tadi adalah semakin bertambahnya perangkat mobile dan konsumsi mobile video. VNI memperkirakan, pada 2014 akan ada 5 miliar perangkat personal dan didukung oleh aplikasi yang terhubung ke jaringan mobile.
Hasil studi ini juga memprediksi bahwa konten mobile video akan mencakup 66 persen dari keseluruhan lalu-lintas data di tahun 2014. Mobile video adalah aplikasi dengan pertumbuhan tertinggi dibanding aplikasi lain yang tercatat di Cisco VNI Global Mobile Data Forecast.
VNI juga mengungkap beberapa fakta menarik terkait pertumbuhan konsumsi bandwidth oleh perangkat mobile, antara lain:
  • Lalu-lintas data mobile mengalami peningkatan sebesar 160 persen dalam setahun terakhir hingga sekitar 90 petabyte per bulan atau setara dengan kapasitas 23 juta keping DVD.
  • Lalu-lintas data mobile dunia saat ini tumbuh 2,4 kali lebih cepat daripada lalu-lintas data fixed broadband dunia.
  • Smartphone dan notebook bakal memenuhi 90 persen dari lalu-lintas data mobile dunia pada 2014.
  • Di tahun 2014 nanti lebih dari 400 juta pengguna internet di dunia dapat mengakses jaringan mobile melaui koneksi mobile (3G, 3,5G, EVDO, 4G, LTE, Wimax, dan lain-lain).
  • Saat ini, rata-rata koneksi broadband mobile menghasilkan lalu-lintas 1,3 gigabyte per bulan atau setara dengan jumlah 650 file musik MP3. Di tahun 2014, rata-rata koneksi broadband mobile
    diprediksi  menghasilkan lalu-lintas 7 gigabyte per bulan atau setara dengan jumlah 3.500 file musik MP3.
  • Dua daerah yang diprediksi mengalami pertumbuhan lalu-lintas data mobile tertinggi adalah Timur Tengah dan Afrika (133 persen). Sementara Asia Pasifik (termasuk Indonesia) diperkirakan mencapai 119 persen dari tahun ke tahun.
Menurut Sanjay Rohatgi (Managing Director, Cisco Indonesia) kekayaan konten yang ada saat ini (seperti Facebook, Twitter, YouTube) adalah kunci tumbuhnya penggunaan data mobile. “Terlepas dari kemerosotan ekonomi, permintaan akan layanan mobile tetap tinggi. Sehingga operator telekomunikasi menghadapi tantangan sekaligus peluang,” jelas Sanjay. (Brama Setyadi)
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: