Beranda > otomotif > Skutik Pakai Tabung Sokbreker, Kaki Lebih Berotot Kekar

Skutik Pakai Tabung Sokbreker, Kaki Lebih Berotot Kekar

Tabung ShockAgar tampak lebih kekar, para modifikator mengubah tampilan sektor kaki-kaki baik depan maupun belakang. Pada skutik, melakukan hal tersebut salah satu caranya dengan ganti tabung sok asli dengan aftermarket (gbr.1).

“Saat ini karena banyaknya modifikasi dengan bahan skutik, maka jadinya banyak juga bermunculan merek tabung sok. Namun dari produk yang ada, bahan utama yang dipakai adalah aluminium,” kata Suhendi, mekanik bengkel modifikasi X-16 Motorbike di Pasar Mobil Kemayoran, Jakpus.

Saking banyaknya pilihan, tentu bikin hunting tabung sok buat skutik yang banderolnya Rp 450 ribuan ini jadi gampang. Oh ya, berbicara soal kemudahan tidak hanya soal mencarinya saja lo. Bongkar pasang tabung sok bawaan pabrik jadi barang aftermarket juga tergolong mudah.

Mau tau caranya? Yuk kita praktikkan pada Yamaha Mio. Sebelumnya siapkan dulu alat kerjanya yang berupa kunci ring ukuran 14, kunci L-10, obeng minus dan oli khusus sok. Langkah paling awal lepas dulu ban dan sepatbor depan. Selanjutnya baru kendurkan baut pengunci as sok depan (gbr.2).

Berikutnya longgarkan baut L di bawah tabung sok depan, alat yang dipakai kunci L-10 (gbr.3). “Jangan lupa sediakan kaleng buat wadah oli yang keluar dari tabung sok,” ungkap pria asal Kuningan, Jabar ini.


Gbr 5

Bila oli dalam tabung sok susah keluar semua, langkah berikutnya tinggal tarik tabung dari as sok dan ganti dengan tabung sok aftermarket. Oh ya sebelum tabung tersebut dipasang, lepas dulu 2 sil di tabung sok bawaan motor (gbr.4).

“Kalau part itu belum bocor, tinggal pasang deh ke tabung sok aftermarket. Tapi bila ternyata silnya rusak, mesti ganti baru,” tutur Suhendi.

Langkah akhir dari prosesi ini, masukkan lagi oli sok ke dalam tabung (gbr.5). Bisa pakai oli yang lama atau ganti oli sok yang baru. Soal takaran, cukup samakan dengan aslinya yang hanya pakai 60 ml.

Kategori:otomotif Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: